Friday 21 April 2017

'Aisyah bin Abu Bakar

'Aisyah bin Abu Bakar

Assalamu’alaikum Warohmatullahiwabarokatuhu.

Sebuah bunga di taman surga yang suci dan disucikan. Bunga yang mengisi alam raya ini dengan curahan ilmu, pemahaman, kezuhudan, dan kewara’an, untuk membaca lembaran kisah hidupnya.

Dia adalah wanita yang suci dan disucikan, karena Allah mengumumkan kesuciannya dari tujuh lapis langit. Dia adalah wanita yang bertakwa, bersih, ahli wara’ dan ahli zuhud. Dia adalah ‘Aisyah binti Abu Bakar, semoga Allah meridhainya.

Ada banyak cahaya kemuliaan yang mengelilingi tokoh kita kali ini. Suaminya adalah manusia paling agung sepanjang zaman, Muhammad bin Abdullah saw. Ayahnya adalah Abu Bakar Ash-Shiddiq ra., manusia yang paling utama setelah nabi dan rasul. Dia adalah orang kedua dari dua orang yang paling dicintai oleh Rasulullah saw. Ibunya adalah seorang sahabat wanita terkemuka, Ummu Rukman binti ‘Amir adalah sosok sahabat wanita yang banyak menorehkan jasanya kepada Islam. Saudara perempuannya, Asma’ binti Abu Bakar yang terkenal dengan sebutannya Dzaatun Nithaaqain (pemilik dua selendang). Suami saudara perempuannya tersebut dikenal dengan Hawaari Rasulullah saw. (pembela setia Rasulullah saw.), yakni Zubair bin Awwam, sepupu Rasulullah saw. dan salah satu dari sepuluh orang yang dijamin masuk surga serta orang pertama yang menghunus pedang di jalan Allah.

Kakeknya dari pihak ayah adalah Abu Quhafah yang turut masuk Islam dan menjadi sahabat Rasulullah saw. Neneknya dari pihak ayah adalah Ummul Khair Salma binti Shakhr yang juga masuk islam dan menjadi sahabat wanita Rasulullah saw. Tiga orang bibinya dari pihak ayah tergolong sahabat , yaitu Ummu ‘Amir, Quraibah, dan Ummu Farwah semuanya adalah putri Abu Quhafah.

Saudara kandung lelakinya adalah Abdurrahman bin Abu Bakar.  Terkenal seorang lelaki yang pemberani dan ahli memanah yang tersohor. Itulah silsilah keluarga yang penuh berkah. ‘Aisyah menjadi bunga yang sangat indah di tengah-tengah manusia.

Ditulis oleh team rohis smaba

Bagikan

Jangan lewatkan

'Aisyah bin Abu Bakar
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

Untuk menyisipkan kode pendek, gunakan <i rel="code"> ... KODE ... </i>
Untuk menyisipkan kode panjang, gunakan <i rel="pre"> ... KODE ... </i>
Untuk menyisipkan gambar, gunakan <i rel="image"> ... URL GAMBAR ... </i>