Wednesday 18 April 2012

Beberapa Penemuan Orang Muslim

Assalamu'alaikum...
Taukah sobat siapa itu Alexander Graham Bell? Itu lho yang dalam sejarah telah menciptakan Telephon. Dan pernahkah sobat membaca sejarah? pasti yang tertulis disitu adalah Para Penemu-Penemu Yahudi yang menciptakan beberapa alat atau ilmu yang masih berguna hingga kini. Taukah sobat beberapa Orang Islam pernah menemukah sesuatu yang amat berguna dan masih digunakan higga kini?
Pastinya Sobat pernah membaca artikel tentang Wright Bersaudara yang menurut sejarah telah menemukan Pesawat pertama kali pada tanggal 17 Desember 1903. Thomas Alva Edison  yang menemukah listrik dan Lampu Pijar. Ataupun James Watt yang menemukan Mesin Uap. Tapi pernahkah sobat membaca artikel tentang  Muhammad bin Muss al-Khawarizmi (Al-Khawarizmi)?  Jika belum, baca artikel berikut ini tentang Beberapa Penemuan Orang Muslim :
  1. Abbas Ibn Firnas (810 - 887)
    Jika sobat masih menganggap Wright Bersaudara adalah penemu pesawat yang dapat terbang pertama kali, sekarang hilangkan anggapan itu, karena anggapan itu adalah kurang tepat. Penemu Prototipe Pesawat Terbang pertama yang dapat terbang didunia adalah Abbas Ibn Firmas. Sampai-sampai beliau dibuatkan patung di Baghdad, Iraq.
  2. Al-Khawarizmi (780 - 850)
    Inilah orang Islam yang amat berpengaruh bagi perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) dunia. Bagaimana tidak beliau adalah seorang ahli matematika, astronomi, astrologi, dan geografi yang berasal dari Persia. Beliau lah yang menemukan Matematika Aljabar, beliau juga menulis beberapa buku lain, seperti : Rekonstruksi Planetarium, Astronomi, dan Kalender Yahudi.
  3. Al-Jazari (1136 - 1206)
    Al-Jazari, adalah seorang Ilmuwan dari Al-Jazira, Mesopotamia, yang hidup pada abad pertengahan. Beliau adalah penulis buku Kitáb fí ma'rifat al-hiyal al-handasiyya (Buku Pengetahuan Ilmu Mekanik) pada tahun 1206. Di dalam buku itulah beliau menjelaskan lima puluh peralatan mekanik berikut instruksi tentang bagaimana cara merakitnya. Peralatan mekanik tersebut ada yang berupa jam mekanik dan juga robot mekanik. Dengan kata lain, Beliaulah yang menciptakan Jam dan Robot Mekanik pertama di dunia.
  4.  Abu al-Qasim al-Zahrawi (936 - 1013)
    Siapa sih yang nggak tau apa itu operasi? Apa itu operasi sesar? dan Apa saja peralatan dokter bedah dalam melakukan operasi? Namun, taukah sobat siapa yang menemukan Alat-alat operasi, cara menjahit luka dan cara melakukan operasi sesar? Ya, benar, Abu al-Qasim al-Zahrawi (Al-Zahrawi) lah yang menemukan semua itu. Beliau adalah seorang dokter di zamannya.
  5.  Fatima al-Fihri (? - 880)
    Tahukah sobat Universitas  pertama di dunia? Ya, Al-Qarawiyyin of University adalah universitas pertama di dunia yang dibangun pada tahun 841. Namun, tahukah sobat siapa pendiri dari Universitas tersebut? Fatima al-Fihri, adalah Ukhti (wanita muslim) yang mendirikan Universitas pertama di dunia tersebut yang ada di Fes, Marocco.
  6. Zheng He / Cheng Ho (1371 - 1433)
    Sering kita mengenal bahwa penemu benua amerika pertama kalinya adalah Christopher Columbus (1492). Tapi anggapan itu masih banyak yang menampiknya. Adalah Admiral Zheng He (Laksamana Cheng Ho) seorang muslim, 70 tahun lebih awal tiba di Amerika dibandingkan bendera Castilian Spanyol yang ditancapkan Colombus.
    Penjelajahannya hingga mencapai benua Amerika mengambil waktu antara tahun 1421 dan 1423. Membawa armada 100 kapal dan sekitar 28,000 anak buah kapal. Armada kapal Zheng He berlayar menyusuri jalur selatan melewati Afrika dan sampai ke Amerika. menggunakan kapal yang 4 kali lebih besar dari pada kapal yang digunakan oleh Colombus.
    Hal ini dibuktikan dalam seminar yang diselenggarakan oleh Royal Geographical Society di London 15 Maret 2002 oleh seorang ahli kapal selam dan sejarawan bernama Gavin Menzies.
    Lain lagi dengan 2 peneliti seperti seorang sejarawan dan ahli geografi muslim Abul-HASSAN ALI IBN AL-Hussain Al-Masudi (871-957 M) menulis dalam bukunya Muruj Adh-dhahab wa maadin aljawhar (Padang rumput dan tambang emas dari jewells) bahwa pada masa pemerintahan Muslim Khalifah Spanyol Abdullah Ibn Muhammad (888-912 M), seorang Muslim navigator, Khashkhash Ibn Saeed Ibn Aswad, dari Cordova, Spanyol berlayar dari Delba (Palos) pada 889 M, menyeberangi Samudera Atlantik, mencapai wilayah yang tidak dikenal (ard majhoola) dan kembali dengan harta yang menakjubkan. Di Al-Masudi’s peta dunia ada luas dalam lautan kegelapan dan kabut yang disebut sebagai wilayah yang tidak dikenal (Amerika).
    Sementara seorang sejarawan muslim Abu Bakr ibn UMAR AL-GUTIYYA meriwayatkan bahwa selama masa pemerintahan khalifah Islam di Spanyol, Hisham II (976-1009 M), seorang navigator Muslim, Ibnu Farrukh, dari Granada, berlayar dari Kadesh (Februari 999 M) ke Samudra Atlantik, mendarat di Gando (Great Canary pulau) mengunjungi Raja Guanariga, dan terus ke arah barat di mana ia melihat dua pulau, Capraria dan Pluitana. Ia tiba kembali di Spanyol Mei 999 Masehi.
    Muslim berasimilasi dengan penduduk asli Amerika, Indian. Sehingga meninggalkan sejarah peradaban suku Indian yang berpakaian jubah menutup aurat dan jauh dari keliaran. Seperti suku Cheerokee yang memakai surban dikepalanya. Seorang sejarawan bernama Dr. Yousef Mroueh menghitung, di Amerika Utara ada sekurangnya 565 nama Islam pada nama kota, sungai, gunung, danau, dan desa. Di Amerika Serikat sendiri ada 484 dan di Canada ada 81. Coba search Mecca, Cordova, Mahomet, Kabah atau Andalusia akan terurai nama-nama tersebut ada di United States.
  7. Penemuan Kopi oleh Kaum Muslim
    Seorang Arab bernama Khalid sedang merawat kambing di wilayah Kaffa di Ethiopia selatan, ketika ia melihat binatang itu menjadi lebih bergairah setelah makan “kacang” tertentu.Ia merebus “kacang” untuk membuat kopi pertama. Jejak pertama pada abad ke-9 minuman kopi adalah terungkapnya “kacang” tersebut diekspor dari Ethiopia ke Yaman di mana para sufi meminumnya untuk tetap terjaga sepanjang malam untuk berdoa pada acara-acara khusus. Pada abad ke-13 kacang yang disebut kopi tersebut tiba di Mekah dan Turki, dan barulah di abad ke-15 masuk juga Eropa tepatnya ke Venesia, Italia pada tahun 1645.
    Kopi dibawa ke Inggris pada 1650 oleh seorang Turki bernama Pasqua Rosee yang membuka kedai kopi pertama di Lombard Street di kota London. Bahasa Arab kopi adalah “qahwa” menjadi “kahve” dalam bahasa Turki, maka di Italia disebut “caffe” dan kemudian bahasa Inggris disebut “coffee”.
  8. Ibn al-Haitham (965 - 1039)
    Sekitar tahun 1000 Ibn al-Haitham membuktikan bahwa manusia melihat sesuatu oleh cahaya terpantul dari benda-benda dan memasuki mata, menepis teori Euclid dan Ptolemy's yang sebelumnya mereka menyatakan bahwa cahaya itu dipancarkan dari mata itu sendiri. Fisikawan muslim besar ini juga menemukan fenomena kamera obscura, yang menjelaskan bagaimana mata melihat gambar tegak karena sambungan antara saraf optik dan otak. 
  9. Rasulullah SAW
    Nabi Muhammad SAW atau Rasulullah SAW adalah salah satu penemu Muslim yang penemuannya masih digunakan hingga kini. Namun, taukah sobat apa yang beliau temukan? Yups, sikat gigi. Lho bukannya zaman Rasulullah SAW belum ada sikat gigi? Memang, namun Beliau sudah mempraktekkan budaya menyikat gigi dengan kayu siwak. Betapa bergunanya budaya sikat gigi itu untuk zaman sekarang.
  10. Dan masih banyak lagi penemuan-penemuan lainnya...
Namun dari beberapa penemuan-penemuan tersebut di atas, hanya segelintir saja yang tercatat dalam sejarah dunia, sedangkan yang lainnya hilang tanpa bukti. Islam mempunyai kitab yang kekal dan akan selalu mengikuti perkembangan zaman dan peradaban manusia tanpa merubahnya sedikitpun yakni Al-Qur'an, Sumber dari segala fenomena alam, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) dan juga sebagai Sumber Hukum Islam yang berdampingan dengan As-Sunnah. Masihkah kita ragu dengan Islam? Kurang bangga apa lagi kita sebagai Muslim?
Mudah-mudahan artikel di atas dapat menambah keyakinan, iman, dan taqwa kita kepada Islam dan Allah SWT, serta Nabi Muhammad SAW. Untuk artikel lebih jelasnya, bisa Sobat lihat dengan Klik link di samping keterangan atikel. Trimakasih
Wassalamu'alaikum...
Created By ROHIS SMAN Banyumas

Bagikan

Jangan lewatkan

Beberapa Penemuan Orang Muslim
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

5 komentar

Tulis komentar
avatar
19 Apr 2012, 06:41:00

bagusan si al -khawarizmi... yg pling sy kenal

Reply
avatar
31 Aug 2014, 10:47:00

Karena itu, selayaknya kita bangga dengan agama kita yaitu ISLAM... :D

Reply
avatar
31 Aug 2014, 11:09:00

Iya sobh, paling mempengaruhi dunia dengan penemuannya soalnya, matematika Aljabar... :) Makasih kunjungannya sobat, mampir lagi ya.. ^_^

Reply

Untuk menyisipkan kode pendek, gunakan <i rel="code"> ... KODE ... </i>
Untuk menyisipkan kode panjang, gunakan <i rel="pre"> ... KODE ... </i>
Untuk menyisipkan gambar, gunakan <i rel="image"> ... URL GAMBAR ... </i>